Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bootable Windows 11 Dengan RUFUS

cara membuat bootable windows 11 dengan rufus | halo teman-teman semua, bagaimana kabarnya hari ini ? semoga senantiasa dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT. aamin.. Ok teman-teman kali ini kita akan belajar bersama bagaimana cara membuat bootable windows 11 dengan rufus. bukan hanya bootable windows saja yang bisa kita buat dengan rufus. rufus bisa kita gunakan untuk membuat bermacam-macam bootable system operasi, salah satunya yaitu system operasi windows, dan kali ini kita akan belajar bersama bagaimana cara membuat bootable windows 11 dengan rufus. yuk langsung saja..

cara membuat bootable windows 11 dengan rufus

Ok.. sebelum kita memulai membuat bootablenya. ada beberapa hal yang perlu kita siapkan disini.

  1. PC / Laptop dengan system operasi ( OS ) windows 7 keatas, saran saya menggunakan windows 11 ya.. selain itu pastikan system operasi teman-teman menggunakan arsitektur x_86 (32bit) atau x_64 (64bit). karena ini nanti akan berhubungan dengan rufus yang akan kita gunakan dalam membuat bootablenya. jadi pastikan ini terlebih dahulu ya.
  2. Selanjutnya, kita tinggal masuk ke website rufus https://rufus.ie/en/. kemudian teman-teman silahkan download rufus sesui arsitektur OS teman-teman ( point nomer 1 ).


  3. Setelah terdownload rufusnya, teman-teman juga perlu menyiapkan file OSnya. karena kali ini kita akan membuat bootable windows 11, maka kita akan download file ISOnya terlebih dahulu di website resmi microsoft saran saya. bisa teman-teman kunjungi link berikut https://www.microsoft.com/software-download/windows11.


  4. Setelah 2 file tersebut terdownload, jangan lupa silahkan teman-teman buatkan folder sendiri dalam directory apa saja yang sekiranya mudah teman-teman temukan.
  5. Flashdisk dengan kapasitas minimum 8Gb, lebih besar lebih bagus. dan jangn lupa kalau ada isinya dibackup dulu ya isinya, karena nanti akan terformat Flasdisknya, ( data akan hilang ). dan colok ke PC / laptop.
  6. Jangan lupa matikan sementara antivirus pada PC / Laptop ya. biar nanti tidak mengganggu proses pembuatan bootablenya.
  7. Langsung kita eksekusi bagaimana cara membuat bootablenya dengan cara doble klik file .ex rufusnya atau dengan klik kanan run administrator file .ex nya sampai muncul popup administratornya, klik YES.
  8. setelah itu bisa kita perhatikan bersama, disana terdapat beberapa komponen yang perlu kita sesuaikan. mari kita perhatikan bersama.


  9. DRIVE : Nama Flasdisk yang akan kita gunakan
    Boot Selection : Klik Select untuk mencari file OS yang sudah kita download tadi ( point 3/4 )
    Partition schema dan Target system akan Otomatis terisi
    Format Options : Memberikan pada Flasdik
    Setelah sekiranya cukup klik START. akan muncul popup, silahkan unceklist sesui dengan gambar. setelah itu klik OK.




  10. Akan muncul popup lagi mengenai peringatan pemformatan Flasdisknya ( point 5 ). pastikan terlebih dahulu. kalau sudah yakin klik OK dan tunggu proses pembuatan bootable akan otomatis berjalan. lama prosesnya tergantung PC / Laptop dan Flashdisk teman-teman. pastikan sabar menunggu sampai tulisan START menjadi READY.





  11. Nah pembuatan bootable windows 11 sudah selesai.

Bagaimana.. mudah bukan cara membuat bootable windows 11 dengan rufus ? seperti halnya saya utarakan diatas, bukan hanya OS windows saja yang bisa kita buat menggunakan rufus, Linux dan distro lainnya juga bisa kok. jangan lupa setelah Flashdisk OSnya jadi, disimpan dan jangan digunakan untuk copy file lain-lain ya. nanti malah corup file OSnya. saran saya sendirikan Flasdisknya. jangan dicampur-campur. Ok.. sekiranya banyak tulisan yang typo, mohon dimaklumi ya teman-teman.
apabila masih bingung. teman-teman bisa lihat video di dibawah ini.
semoga bermanfaat..

link video :


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bootable Windows 11 Dengan RUFUS"